5 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jambi

12 Macam Oleh-oleh Khas Jambi yang Terkenal dan Tahan Lama

Jambi ternyata merupakan salah satu kota yang memiliki cukup banyak tempat wisata. Banyak wisatawan yang mengunjungi kota Jambi. Sehingga banyak oleh-oleh khas Jambi yang dijual dikota ini. Ada berbagai macam jenis makanan khas kota Jambi yang dijual untuk menjadi oleh-oleh. Berikut ini rekomendasi oleh oleh khas Jambi yang menjadi pilihan untuk dibeli adalah:

  1. Tempoyak Jambi

Rekomendasi pertama yang dapat dipilih untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan sahabat adalah tempoyak Jambi. Tempoyak Jambi merupakan makanan olahan yang berbahan dasar durian.

Durian merupakan salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dan salah satunya adalah tempoyak Jambi. Bukan hanya tentang rasa namun tempoyak Jambi juga harus mengalami proses fase fermentasi selama lima hari.

Cara membuatnya pertama kita pisahkan daging durian dengan bijinya, kemudian daging durian tadi dicampur dengan garam dan cabe rawit. Lalu masuk pada tahap fermentasi dimana bahan campuran tadi didiamkan hingga mendapatkan tekstur tempoyak yang lembut, empuk dan nikmat.

  1. Bolu Kojo Jambi

Rekomendasi kedua yakni Bolu Kojo Jambi, bolu Kojo Jambi dapat dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan sahabat. Sebenarnya bolu Kojo ini dapat kita temukan juga di kota Palembang. Namun ada perbedaan antara bolu Kojo Jambi dan bolu Kojo Palembang.

Berbedaanya terletak pada cara penyajiannya dimana bolu Kojo Jambi tampil dengan polosan, sedangkan bolu Kojo Palembang tampil dengan bentuk lapisan. Bolu Kojo Jambi memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang manis. Pada umumnya bolu Kojo Jambi dicetak diatas loyang kamboja yang akan menghasilkan bolu yang sedap dan menarik.

  1. Dodol Kentang

Rekomendasi ketiga adalah dodol kentang, dodol kentang dapat menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Jambi. Dodol kentang sangat cocok diberikan kepada keluarga atau sahabat sebagai oleh-oleh.

Dodol khas kota Jambi dibuat dari kentang, tidak seperti pada umumnya yang dibuat dari pisang atau lainnya. Dodol Kentang khas Jambi ini juga memiliki beberapa pilihan rasa seperti strawberry, gula merah, nanas dan rasa lainnya yang tentunya masih banyak.

Pembuatan dodol kentang juga sama seperti membuat dodol pada umumnya, hanya saja ada perbedaan tekstur yang dihasilkan dimana dodol kentang lebih halus dan juga tidak terlalu kenyal ketika digigit.

  1. Kue Padamaran

Rekomendasi keempat yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Jambi yang dapat diberikan pada keluarga atau sahabat adalah kue Padamaran. Kue Padamaran merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan larutan daun suji yang menghasilkan warna hijau pada saat kue matang. Rasa dari kue Padamaran yakni gurih dan memiliki tekstur yang sangat lembut seperti halnya bubur sumsum.

  1. Kue Gandus

Rekomendasi kelima yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas kota Jambi adalah kue Gandus. Tidak kalah dengan kue Padamaran, kue Gandus juga sangat menarik dan cukup populer di masyarakat Jambi dan juga luar kota Jambi.

Menariknya kue Gandus ini tidak memiliki rasa manis seperti kue pada umumnya. Justru kue ini memiliki citarasa yang gurih dan pedas saat digigit. Hal ini dikarenakan kue Gandus terbuat dari tepung beras, sagu dan garam.

Sedangkan untuk bumbunya menggunakan bawang putih, bawang merah, dan cabai yang dihaluskan yang dicampurkan pada adonannya. Selain itu juga biasanya dalam penyajiannya akan ditambahkan toping seperti bawang goreng, seledri, ebi sangrai, bawang merah dan cabai.